angkat lele

•Agustus 22, 2009 • Tinggalkan sebuah Komentar

Rasanya degdegan juga… apa yang dirasakan selalu saja begini. Karena belum ada hasilnya yaitu ikan belum di angkat, kalau sudah diangkat baru ketahuan hasilnya untung atau rugi. Namun menurut teman-teman kalau kita menanam 1000 ekor harusnya jadi 1000kg. Nah dengan kenyataan seperti itu aku juga ya cemas lah apa ada ikan lele aku segitu.. soalnya waktu nanam ada 6300an itu hitungan yang jual (salahnya aku ga menghitung lagi, bukan nya kita buruk sangka………. tapi sebaiknya jika teman-teman ada yang beli satuan hendaknya di hitung dulu ).

Nah setelah di sortil ternyata yang rata ada 3000an yang kecil 1000an kemudian yang bapuk ada 2kg-an (di goreng aja) . Sekarang udah 55 hari rencanaya mau diangkat, namun karena kita lagi bikin kelompok kecil tentang petani lele jadi kayanya pada kebingungan juga. Seharusnya sebelumnya kita bikin suatu organisasi seperti ada bagian gudang, pemasaran, kesehatan dll. Nah kelompok kami belum nyampe kesana .

OK mungkin aku hanya nulis itu saja barangkali ada yang komentar silahkan tentang saran atau masukan

buka lahan baru

•Juli 16, 2009 • Tinggalkan sebuah Komentar

Nah dalam rangka ternak lele, kalau pada awalnya hanya ukuran 4 x 4m2 untuk yang ini saya membuat lagi kolam ukuran 12 x 4m2 mudah-mudahan dapat berkembang dengan baik.

Akan tetapi emang saya agak kecewa juga, abis beli bibit lelenya di todong orang kolamnya belum siap. Tapi gak apalah……….

Nah untuk kali ini saya memasukan bibit ada 6300 ekor, dan sekarang sudah mencapai 20 hari dari seukuran jari.

Namun agak sayang juga barang kali ada temen-temen yang tahu obatnya…. lele yang ada di kolamku pada ngubeng ( mungkin stress gitu)..

Buat Kolam

•Juni 21, 2009 • Tinggalkan sebuah Komentar

Dalam rangka memperluas kolam, maka saya akan mencoba membuat kolam yang satunya menjadi ukuran 5 x 6 x 1.5 yang mudah-mudahan ukuran kolam tersebut dapat menampung ikan kurang lebih 5000 kali ya….

Nah bagi temen yang sudah ahli dalam beternak ikan lele dumbo, tolong bagi-bagi ilmunya karena saya masih dalam tahap belajar jadi saya sangat mengharapkan bantuannya…

Lele Dumbo

•Juni 5, 2009 • Tinggalkan sebuah Komentar

Lele Dumbo atau sejenisnya sangatlah mudah untuk di pelihara, baik dalam keadaan kondisi airnya bagus ataupun sangat kotor sekali…

Bermula dari kunjungan om ke teman, yang boleh dikatakan beliau mempunyai empang yang lumayan luasnya. Kebetulan empang tersebut di tanam ikan lele dumbo, ngobrol kesana kemari (dalam hati om berfikir kenapa lahan yang dirumah ga di bikin empang saja).

Kemudian om pulang dan melihat halaman rumah sekeliling, bagaimana kalau seandainya halaman belakang di tanami ikan lele dumbo aja, tidak lama kemudian selang 2-3 hari om langsung saja menggali tanah yang ada di samping rumah untuk di jadikan empang tadi.

Karena ada sesuatu dan lain hal maka om menggali kolam tersebut tidak sampai dalam malah kurang dari 1 meter, yah karena airnya datang lagi datang lagi jadi susah surutnya, sebenarnya kalau pakai mesin pompa bisa saja sih cuman karena hanya untuk iseng yang penting jadi dulu. dan kolam tersbut berukuran 3 x 2,5 x 70 m2.

Setelah semuanya ok, baru om nyari ikannya sayangnya ga ada lele yang seukuran jari lentik yang ada malah seukuran ibu jari….. tapi ga apalah yang penting nyari pengalaman dulu cara menanam ikan lele tersebut.

pada waktu itu om menanam 500 ekor ikan lele, dan setelah seminggu ada yang mati (sempat stress juga) tapi setelah tanya-tanya, itu ga apa-apa (biasa lele matimah). Dalam pemberian pakan, kita sesuaikan dengan ikannya dan ukuran mulutnya. dan pemberian pakan dilakukan 2x sehari pagi dan sore atau bisa juga malam hari, karena pada malam hari ikan lele sedang bermain.

Ikan lele umurnya hanya 52 hari bisa di panen, atau sesuka hati artinya sesuai kebutuhan pasar (dan sesuai kebutuhan pribadi, kalau tdk punya uang).. Nah untuk punya om tadi hanya 1 bulan dan langsung di panen atau diangkat..

Mau tahu hasilnya berapa ?

yah lumayan hasilnya mencapai 40kg pada waktu itu harganya Rp. 10.000,-    karena untuk bagi bagi yang lain jadi tidak di jual semua hanya 30 kg saja yang di jual, maklum om masih dalam tahap belajar..

jadi dalam perhitungannya pun pas-pasan….

Nah sekarang om lagi nanam lagi yang seukuran kecil ada, dan yang udah gede ada .. yang gede mungkin tanggal 20an juni bisa diangkat.

Nah bagi anda yang sudah berpengalaman ataupun ahlinya tolong kalau ada tips-tips mengenai ikan lele harus dibagikan.

bikin blog di wordpress

•Juni 4, 2009 • Tinggalkan sebuah Komentar

ternyata lumayan yah bikin blog di wordpres agak susah apa memang belum tahu aja caranya…

Hello world!

•Juni 4, 2009 • 1 Komentar

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!